CARA CEPAT BELAJAR MATEMATIKA SD

cara cepat belajar matematika sd

Cara Cepat Belajar Matematika SD merupakan solusi bagi putra putri kitasehingga diharapkan putra putri kita tidak ada rasa takut atau benci oleh terhadap pelajaran matematika. Padahal nantinya pelajaran ini benar benar berguna bagi kehidupant kita sehari hari, bahkan bagi orang biasa sekalipun. Para pedagang, tukang Las, tukang bangunan bahkan tukang parkir pun butuh matematika untuk menghitung uang recehan yang ia dapatkan dari pengendara yang memarkirkan kendaraannya. Matematika adalah kunci dari semua pelajaran sains, baik itu Fisika, Ekonomi, Akuntansi dan Kimia karena pelajaran tersebut tidak akan dapat kita pahami tanpa mempelajari terlebih dahulu dasarnya yaitu matematika. Namun yang jadi permasalahan sekarang adalah, bagaimana cara cepat belajar matematika SD khususnya karena mahirnya matematika dimasa akan datang dimulai sejak dini agar  dapat menguasai ilmu matematika ini? Harus diingat bahwa tidak cara mudah untuk menguasai matematika ini. Yang ada adalah Cara yang benar dalam belajar matematika. Dibutuhkan kesabaran dan kegigihan yang tinggi untuk berusaha, tapi dengan niat yang kuat saya yakin kita bisa menguasai pelajaran matematika. Ada beberapa cara cepat belajar matematika sd yang bisa di tempuh agar bisa menguasai Matematika.

CARA CEPAT BELAJAR MATEMATIKA SD DENGAN INGATAN

cara cepat belajar matematika sd ingatan

Sebelum kita menerapkan cara cepat belajar matematika SD ini, tentunya kita tahu dan kita sadari, bahwasanya pemikiran setiap anak itu berbeda-beda. Mungkin sudah banyak kita menemui, ataupun sering kita temui anak, adik, saudara, teman ataupun murid-murid di sekolahan ada yang mengalami kesulitan ketika belajar penjumlahan, meskipun bisa dikatakan itu hanya operasi penjumlahan sederhana (Operasi penjumlahan di bawah bilangan 20). Ada sebagian anak yang dapat menyelesaikan dengan cepat, ada pula sebagian anak yang mengalami kesulitan dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Pola berpikir setiap anak atau individu tentunya di dalamnya ada letak perbedaannya. Selain itu, juga bisa jadi dari perbedaan tingkat IQnya. Oleh karena itu, kita di sini akan membahas cara cepat belajar matematika SD.

Pertama-tama, ketika anda mengajari tentang operasi penjumlahan atau ketika memberikan soal penjumlahan pada anak. tanamkan konsep “Angka Besar di Kepala, Angka Kecil di Tangan”. Dalam artian seperti ini, misalkan 4 + 5 = . . .
Lebih besar angka mana 4 sama 5? Tentunya lebih besar angka 5 kan? terapkanlah konsep di atas “Angka Besar di Kepala, Angka Kecil di Tangan” artinya suruh anak untuk menyimpan angka besar (angka 5) pada kepalanya, sedangkan angka kecil di tangan (angka 4, dengan mengangkat jari sesuai angka yang dibutuhkan).Langkah yang terakhir yaitu suruh anak untuk menyebutkan angka besar yang telah disimpan di kepala kemudian dilanjutkan dengan menghitung jari yang telah diangkat.

Pastinya anak akan menyebutkan angka 5 yang telah ada dalam otaknya, kemudian dilanjutkan untuk menghitung jari-jarinya yang telah diangkat 5, 6 , 7, 8, 9. . . . kira-kira seperti itu. Jadi, 4 + 5 = 9 . .sehingga anak akan lebih mudah untuk belajar mengoperasikan penjumlahan.

Tapi ingat, konsep ini hanya berlaku pada operasi penjumlahan dengan salah satu bilangan penjumlahnya adalah di bawah bilangan 10.
Misalkan:

3 + 7
20 + 6
5 + 12
9 + 2

dan masih banyak lainnya. Belajar penjumlahan dengan konsep di atas tentunya akan lebih mudah dipahami dan diterapkan, serta sangat membantu. Cara Cepat Belajar Matematika SD tersebut akan mudah diterapkan anak/adik/murid anda dalam mengerjakan soal penjumlahan, apabila anda mau untuk memberikan pemahaman secara pelan-pelan dan mau mengajarkannya setiap hari. Anda cukup memberikan sekitar 5 soal untuk menerapkan kosep tersebut pada anak. Insyaallah dalam waktu 1 sampai dengan 3 hari konsep “Angka Besar di Kepala, Angka Kecil di Tangan” akan tertanam pada anak, Sehingga anak didik setelah mengetahui cara cepat belajar matematika SD ini terutama dalam penjumlahan bukanlan merupakan hal yang sulit dan memakan waktu.

CARA CEPAT BELAJAR MATEMATIKA SD DENGAN JARI

cara cepat belajar matematika sd 123

Cara Cepat  Belajar Matematika SD Berhitung Jari – Metode atau jurus rahasia berhitung perkalian, pembagian, dan penjumlahan yang praktis untuk anak ketika belajar matematika dengan hitungan jari. Semua teknik belajar ini mudah dipelajari dan sangat simple.Teknik penerapan cara cepat belajar matematika sd dengan mudah menggunakan hitungan jari ada beberapa cara yang akan saya sebut dengan beberapa inisial seperti Jurus 1 Jari Ajaib, Jurus 2 Jari Ajaib, dan Jurus 3 Jari Ajaib seperti inilah teknik penerapannya :Jurus 1 Jari AjaibUntuk perkalian 9 ( 1×9 sampai 10×9 )

1. Buka ke dua tangan anda, mulai dari jari kelingking kiri adalah 1 hingga jari kelingking kanan adalah 10.
2. Misalnya kita ingin menghitung 3×9; maka lipat jari nomor 3 dari kiri (jari tengah tangan kiri)
3. Jari no 3. Ini yang kita lipat, berfungsi sebagai pemisah antara puluhan dan satuan. Dari jari tangan yang kita peragakan tersebut artinya di sebelah kiri jari yang dilipat ada 2 jari, yang mewakili angka 20. Sedangkan di sebelah kanan jari yang dilipat ada tujuh jari, mewakili angka 7. Berarti 2 puluhan dan 7 satuan, sama dengan 27. Jadi 3×9 = 27
4. Cobalah dengan contoh lain misalnya 6×9 atau 9×9, ingat dihitungnya dari jari kelingking tangan kiri ya …

Jurus 2 Jari Ajaib

Untuk perkalian 5 ( 1×5 sampai 10×5 )

1. Buka ke dua tangan anda, mulai dari jari kelingking kiri adalah 1 hingga jari kelingking kanan adalah 10.
2. Buat irama atau lagu untuk anak. Katakan 5, 10, 15,20, 25, 30, 35, 40, 45, 50. Prinsipnya adalah melompat bilangan 5.
3. Sekarang minta anak dengan menunjuk jari kelingking kiri (jari no. 1) sambil berkata 5. Tunjuk jari no. 2 dengan berkata 10. Tunjuk jari no.3 dengan berkata 15 dan seterusnya sampai jari ke 10 dengan berkata 50.
4. Bila sudah hafal dengan jari dan iramanya, coba test anak dengan menunjuk jari no. 6 misalnya, maka dia otomatis akan menjawab 30.

Jurus 3 Jari Ajaib

Untuk perkalian 6, 7 dan 8

1. Gunakan semua jari anda di kaki dan tangan. Jari kaki mewakili 1 sampai 5 kemudian tangan kiri mulai jempol kiri mewakili no. 6 sampai kelingking kiri mewakili 10. Demikian pula kaki kanan dan tangan kanan, mulai jempol kanan mewakili 6 sampai kelingking kanan mewakili 10.
2. Misalnya kita ingin mendapatkan hasil dari perkalian 6×7, maka lipat jempol kiri untuk mewakili 6, dan lipat jempol dan telunjuk kanan untuk mewakili 7.
3. Perhatikan jari yang dilipat. Setiap jari yang dilipat mewakili angka 10. Pada contoh yang kita gunakan ada 3 jari yang dilipat berarti 30.
4. Selanjutnya hitung jari yang tidak dilipat. Jari di kiri ada 4, sedangkan jari di kanan ada 3. Kalikan kedua angka tersebut yaitu 4×3 = 12
5. Terakhir menjumlahkan angka 30 di langkah c dan angka 12 di langkah d, 30 + 12 = 42
6. Lakukan lagi latihan dengan contoh lain misalnya 7×8 atau 6×5 dan seterusnya

Jika sudah memahami semua teknik “Cara Cepat Belajar Matematika SD dengan Jari” di atas, sudah bisa dipastikan anak anda akan lebih jago matematika terutama untuk ilmu hitung menghitung.

peluang usaha